0

Asslamu'alaykum Warohmatullah Wabarokatuh

Kali ini saya ingin sedikit memaparkan secara singkat dari buah yang insya Allah kita sudah mengetahui bahkan sering memakannya. buah yang dimaksud kali ini adalah PISANGL, buah yang berbentuk panjang dan agak sedikit bengkok, ada yang kuning dan hijau warnanya dan pastinya enak rasanya, banyak tumbuh di indonesia dan juga sangat banyak jenisnya..

Buah ini biasanya sering atau bahkan selalu ada setiap ada acara Walimahan atau Syukuran namun Tanpa kita sadari sebenarnya buah Pisang selain enak rasanya pisang juga mempunyai banyak khasiat yang sangat baik unutk tubuh, dan pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membagikan apa khasiat dari buah apel itu sendiri

Pisang memiliki nama latin Musa Paradisiaca ini yang sering di gunakan adalah buahnya walaupun hampir semua bisa di gunakan, akarnya (bonggolnya), hati batangnya yang putih, buahnya, kulit buahnya, bunganya, bahkan daunnya bisa dimanfaatkan. Pisang ini di gunakan oleh para pengobat zaman dahulu oleh para pengobat klasik berdasarkan karateristiknya dimana buah pisang ini bersifat dingin dan rasanya manis.

Dinginnya pisang  juga bisa untuk peluruh kencing caranya direbus diambil airnya ataupun dimakan pisangnya.. Pisang juga merupakan pencahar ringan , mempermudah buang air besar dari dua sisi. Ada dua sebab orang sembelit, yaitu yang pertama sembelit dikarenakan kurangnya pelumas sehingga panas, panas di usus besar sehingga kurang pelumas sehingga menyebabkan kering fesesnya. Yang kedua adalah tidak bisa buang air besar dikarenakan daya dorongnya yang lemah, biasa terjadi pada orang yang sudah tua.

Sementara pisang bisa di gunakan berbeda dengan pepaya. Pisang memiliki energi vital yang cukup sehingga bagus untuk mendorong dan bagus untuk pelumas. Pisang memperlancar saluran pencernaan, mencegah timbulnya sembelit, kemudian mengurangi asam lambung terutama pisang kepok kuning atau mengobati gangguan-gangguan lambung, bahkan pisang yang sifatnya dingin berguna untuk panas racun. Yang dimaksud panas racun disini adalah sejenis kanker ( kanker adalah panas yang beracun ).

BANYAKNYA MANFAAT PISANG

Pisang juga sebagai anti oksidan, mencegah timbulnya kanker dan anti kanker. Kemudian pisang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan pisang ini baik untuk darah dan jantung karena pisang memupuk nutrisi, memupuk ruthubah, membuahkan saripati makanan yang baik dan menambah kuat darah energi vital sehingga menguatkan jantung. Pisang juga bisa untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mencegah seseorang kekurangan cairan, timbulnya dehidrasi, kekurangan darah, kekurangan energi vital, maka mengkonsumsi pisang dapat menjaga keseimbangan tersebut.

Sementara akarnya yang berserabutan pada bonggol berkhasiat untuk menawarkan racun, anti kanker, pereda demam, mendinginkan darah, di gunakan bagi orang-orang yang batuk/muntah darah, buang air besar berdarah, mimisan, pendarahan pada wanita, haid berlebih, bahkan anti radang dan peluruh kencing.

KHASIAT HATI BATANG PISANG

Sementara hati batang pisang berkhasiat unutk menurunkan panas dan di gunakan untuk perawatan rambut, menghitamkan dan mempertebal rambut. Cairan dan bonggol pisang ini dapat mengatasi infeksi saluran kemih dan menghentikan terjadinya pendarahan, menurunkan panas serta menghitamkan dan mencegah rambut yang rontok, caranya adalah dengan cara batang pisang di tebang kemudian di kerok di buat seperti mangkok kemudian di tutup, kemudian besuk paginya akan penuh air, air itu bisa di gunakan untuk mengatasi infeksi saluran kemih, menghentikan pendarahan, sebagai obat penurun panas serta di gunakan sebagai tonik rambut.

MANFAAT BUAH PISANG YANG MASIH MUDA

Buah pisang yang muda berkhasiat sebagai astringent, mencegah timbulnya keringat yang berlebih, mencegah terjadinya ejakulasi dini, menghentikan pendarahan, anti diare, anti disentri dan di gunakan sebagai pengobatan tukak lambung. Buah yang muda pada pisang batu sering di gunakan sebagai obat perawatan dan pencegahan dari penyakit gagal ginjal di karenakan keratin yang tinggi dan serotinnya.

Para ahli pengobtan klasik meneliti buah pisang ini memang sangat banyak kandungannya, ada kandungan karbohidrat dalam bentuk pati dan gula, ada asam volat, ada zat besi, kalium, kalsium, vitamin A, B, B complex, C, E dan G, peptin, tanin ( pada buah muda ), zat gula, air dan zat tepung, flavonoid, sukrosa, glukosa, tepung protein, lemak dan akarnya juga mengandung vitamin A, C dan E. Getahnya mengandung tanin dan asam galat sehingga bisa di gunakan untuk menutup luka.

Dari sisi kandungan dan manfaat maka pisang ini bersifat mendinginkan dan penurun panas, mengencerkan dahak. Kalau di pisahkan perbagian maka buah pisang oleh para pengobat sering di gunakan untuk mengatasi kencing manis, habis bersalin (meningkatkan tenaga sehabis bersalin ) dan lain-lain untuk buah yang matang, yang muda di gunakan untuk gagal ginjal .

MANFAAT KULITNYA

Sementara kulit pisang bisa di gunakan untuk mengobati borok yang menyerupai kanker, kelainan kulit pada herpes, luka di tungkai pada diabet, mengatasi kutil, mengatasi luka bakar, tersiram air panas dan kulit yang kemerah-merahan.

MANFAAT DAUN MUDANYA

Daun yang muda yang masih di gulung ini bisa di gunakan untuk obat luar, di tapalkan pada kulit yang bengkak/lecet, dan juga di gunakan untuk disentri, haid yang terlalu banyak, mimisan dan pendarahan serta radang tenggorokan, radang otak, keputihan, batuk, sakit dada, bronkitis dan rambut tipis.

Bunganya di gunakan untuk disentri, obat jantung, mencegah pendarahan otak dan stroke. Akarnya untuk mengatasi bengkak, demam, luka bakar, perawatan rambut, penyakit kulit dan lain-lain.

Secara umum banyak orang memiliki pengalaman-pengalaman tentang pisang antara lain ada yang menggunakan pisang di blender untuk mengobati alergi di campur dengan buah-buahan yang lain, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Sumber : ILMU PKTN dan Dialog Sehat Radio Rodja

Posting Komentar

 
Top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×