0

Asslamu'alaykum Warohmatullah Wabarokatuh

Kali ini saya ingin sedikit memaparkan secara singkat dari buah yang insya Allah kita sudah mengetahui bahkan sering memakannya. buah yang dimaksud disini adalah APEL, buah yang berbentuk bulat namun tidak sempurna bulatnya, ada yang merah dan hijau warnanya dan pastinya enak rasanya, banyak tumbuh di indonesia.

Tanpa kita sadari sebenarnya buah apel selain enak rasanya apel juga mempunyai banyak khasiat yang sangat baik unutk tubuh, dan pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membagikan apa khasiat dari buah apel itu sendiri

APEL  mempunyai nama latin Malus Sylvestris Mill / Malus Domestica
Bagian yang di gunakan : buah.
Sifat dan rasa  : Buah : netral -manis
Biji : netral-manis agak asam.
Arah gerak  bahan obat : obat turun tenggelam umumnya turun dan bergerak ke dalam, berkhasiat mengendalikan kesejukan tubuh.
SECARA PENELITIAN BUAH APEL BERMANFAAT UNTUK :

1. Menurunkan kadar kolesterol.
Melawan kolesterol jahat, selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatakan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D-glucarid dalam apel berjasa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru.
Zat flavonoid dalam apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 50%. Penelitian dari Cornel University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.

3. Mencegah penyakit jantung dan stroke.
Apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan , orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.
4. Menurunkan berat badan.
Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.

5. Menjaga kesehatan gigi.
Apel juga mengandung tanin , zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini di sebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak.

6. Membuat perempuan tetap cantik.
Kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat monopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang di sebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di kala monopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, osteoporosis.

7. Melindungi tubuh dari virus flu.
Sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel.

Bagaimana banyak kan khasiat dari buah yang enak ini, Semoga artikel yang singkat ini bermanfaat untuk semua orang yang membaca artikel ini.

Sumber : ILMU PKTN dan Dialog Sehat Radio Rodja

Posting Komentar

 
Top

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×